Golongan Rayap Perusak Kayu

Golongan Rayap Perusak Kayu - Rayap merupakan hewan yag sangat menyukai kayu. rayap dapat merusak kayu, karena rayap membuat saluran dan terowongan dalam kayu rumah. Selain membuat saluran, rayap juga memakan kayu kering yang sehat.

Bangunan akan mudah di serang rayap


Bangunan yang di serang rayap tidak hanya bangunan yang dekat dengan sarangnya. Namun ia juga menyerang bangunan yang jauh dari sarangnya. Saluran yang tertutup ini merupakan jalan utama rayap menuju ke tempat sumber makanan.

Rayap tanah sering kembali ke sarangnya untuk mengembalikan kelembaban tubuhnya. Rayap memiliki keberagaman jenis, saat ini sudah lebih 2000 jenis rayap yang tercatat di dunia. Jenis rayap terbagi dalam 7 famili, 15 sub-famili, dan 200 marga. Di Indonesia sendiri terdapat 200 jenis rayap yang terbagi menjadi 3 famili.

Berdasarkan habitatnya, rayap terbagi menjadi beberapa bagian.

- Rayap kayu basah

Rayap kayu basah merupakan jenis rayap yang sering meyerang kayu-kayu busuk atau pohon yang akan mati. Rayap ini memiliki sarang di dalam kayu dan tidak bberhubungan dengan tanah.

- Rayap kayu kering

Rayap kayu kering adalah golongan rayap yang biasa menyerang kayu kering. Rayap ini memiliki tempat tinggal di dalam kayu dan tidak berhubungan dengan tanah.

- Rayap pohon

Rayap pohon adalah rayap yeng menyerang pohon-pohon masih hidup, rayap ini memiliki sarang di dalam pohon dan tidak berhubungan dengan tanah.

- Rayap tanah


Rayap tanah ini merupakan musuh utama masyarakat, dan rayap ini yang paling sering merugikan manusia, karena mereka memiliki pasukan yang sangat banyak. mereka memiliki jalan yang berbentuk terowongan dan biasanya terbuat dari lumpur maupun kotorannya.

Dalam setiap koloni rayap, terdapat 3 kasta yang memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda-beda. Ketiga kasta tersebut adalah prajurit, pekerja dan ratu rayap. Sekitar 80-90% populasi dalam koloni rayap merupakan rayap pekerja. Rayap pekerja inilah yang melakukan kerusakan pada kayu-kayu di rumah kita.

Agar terhindar dari bahaya rayap ini, maka anda perlu melakukan pencegahan dan pembasmian rayap, namun ini di lakukan jika anda sudah melihat keberadaan rayap di rumah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Rayap Muncul di rumah

Penyebab rayap muncul di rumah -  Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai  penyebab rayap muncul di rumah. Tapi sebelum masuk ...